Minggu, 29 November 2015
TUTORIAL VISUAL STUDIO (BAGIAN 7)
Selamat pagi gan, untuk Tutorial Visual Studio Bagian 6 ini ane akan share tentang Membuat Game Maze menggunakan Bahasa C# dari Form Application Visual Studio. Emm penasaran kayak apa y game yang akan ane buat ini... Langsung aja simak ulasan dibawah ini.
Game ini merupakan Game Maze sederhana yang dibuat dengan menggunakan Bahasa C#. Misinya adalah, pemain harus mulai dari Start menuju ke Finish dengan tidak menyentuh Tembok dan mengumpulkan Cek-Point sebanyak mungkin dengan waktu yang tercepat. Pemain yang tidak memulai gamenya dari Start maka dianggap Game Over begitu pula apabila pemain menyentuh Tembok maka dianggap Game Over.
Pertama-tama ambil sebuah Label, lalu susun Label tersebut untuk membentuk dinding, cek-point dan Start-Finish, gunakan fungsi _MouseEnter untuk mengaktifkan fungsi jika object tersentuh Mouse / dilewati Mouse. lengkapi juga denga penghitung lama waktu dan jumlah point. Kurang lebih tampilannya seperti pada gambar dibawah ini.
Pertama-tama ambil sebuah Label, lalu susun Label tersebut untuk membentuk dinding, cek-point dan Start-Finish, gunakan fungsi _MouseEnter untuk mengaktifkan fungsi jika object tersentuh Mouse / dilewati Mouse. lengkapi juga denga penghitung lama waktu dan jumlah point. Kurang lebih tampilannya seperti pada gambar dibawah ini.
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;
namespace ProjectCoba7
{
public partial class Form1 : Form
{
using System.Collections.Generic;
using System.ComponentModel;
using System.Data;
using System.Drawing;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Windows.Forms;
namespace ProjectCoba7
{
public partial class Form1 : Form
{
//Deklarasi Variable
Timer t = new Timer();
int i = 0;
int point = 0;
int hh = 0;
int mm = 0;
int ss = 0;
int hh2 = 0;
int mm2 = 0;
int ss2 = 0;
public Form1()
{
InitializeComponent();
Timer t = new Timer();
int i = 0;
int point = 0;
int hh = 0;
int mm = 0;
int ss = 0;
int hh2 = 0;
int mm2 = 0;
int ss2 = 0;
public Form1()
{
InitializeComponent();
//Pesan awal sebelum permainan dimulai
MessageBox.Show("Anda Siap, Silahkan mulai dari Start, Selamat berjuang.", "COZ.");
}
MessageBox.Show("Anda Siap, Silahkan mulai dari Start, Selamat berjuang.", "COZ.");
}
//Fungsi ketika tombol Start dilewati
private void Start_MouseEnter_1(object sender, EventArgs e)
{
i = 1; //Cek jika melewati Start maka i=1
private void Start_MouseEnter_1(object sender, EventArgs e)
{
i = 1; //Cek jika melewati Start maka i=1
//Ambil data Jam, Menit dan Detik awal
hh = DateTime.Now.Hour;
mm = DateTime.Now.Minute;
ss = DateTime.Now.Second;
Start.BackColor = Color.Black; //Ubah warna tombil Start
}
hh = DateTime.Now.Hour;
mm = DateTime.Now.Minute;
ss = DateTime.Now.Second;
Start.BackColor = Color.Black; //Ubah warna tombil Start
}
//Fungsi untuk menghitung nilai Point
private void Point_MouseEnter(object sender, EventArgs e)
{
point++; //Nilai oint akan bertambah ketika tombol Point dilewati
Label b = (Label)sender;
b.BackColor = Color.Aqua; //Ubah warna tombool Point
}
{
point++; //Nilai oint akan bertambah ketika tombol Point dilewati
Label b = (Label)sender;
b.BackColor = Color.Aqua; //Ubah warna tombool Point
}
private void Finish_MouseEnter(object sender, EventArgs e)
{
{
//Ambil data waktu finish, lalu kurangi dengan waktu awal untuk mendapatkan lama waktu
hh2 = DateTime.Now.Hour - hh;
mm2 = DateTime.Now.Minute - mm;
ss2 = DateTime.Now.Second - ss;
string time = "";
if (hh2 < 10)
{
time += "Time : 0" + hh2;
}
else
{
time += hh2;
}
time += ":";
if (mm2 < 10)
{
time += "0" + mm2;
}
else
{
time += mm2;
}
time += ":";
if (ss < 10)
{
time += "0" + ss2;
}
else
{
time += ss2;
}
hh2 = DateTime.Now.Hour - hh;
mm2 = DateTime.Now.Minute - mm;
ss2 = DateTime.Now.Second - ss;
string time = "";
if (hh2 < 10)
{
time += "Time : 0" + hh2;
}
else
{
time += hh2;
}
time += ":";
if (mm2 < 10)
{
time += "0" + mm2;
}
else
{
time += mm2;
}
time += ":";
if (ss < 10)
{
time += "0" + ss2;
}
else
{
time += ss2;
}
//Tampilkan lama waktu dan jumlah Point
waktu.Text = time;
Poin.Text = "Poin : " + point;
//Cek nilai i , jika melewati Start/i = 1 maka menang
if (i != 0)
{
MessageBox.Show("Selamat Anda Menang", "COZ.");
}
else
{
MessageBox.Show("Game Over, Anda tidak memulai dari Start", "COZ.");
}
Finish.BackColor = Color.Black; //Ubah farana tobol Finish
Close(); //Tutup aplikasi
}
waktu.Text = time;
Poin.Text = "Poin : " + point;
//Cek nilai i , jika melewati Start/i = 1 maka menang
if (i != 0)
{
MessageBox.Show("Selamat Anda Menang", "COZ.");
}
else
{
MessageBox.Show("Game Over, Anda tidak memulai dari Start", "COZ.");
}
Finish.BackColor = Color.Black; //Ubah farana tobol Finish
Close(); //Tutup aplikasi
}
//Fungsi untuk dinding Maze, jika kursor menyentuh dinding maka Game Over
private void label3_MouseEnter(object sender, EventArgs e) //Dinding
{
MessageBox.Show("Game Over, Poin anda " + point, "COZ.");
Close();
}
}
}
private void label3_MouseEnter(object sender, EventArgs e) //Dinding
{
MessageBox.Show("Game Over, Poin anda " + point, "COZ.");
Close();
}
}
}
Gimana undah ane jelasin kan codingan perbarisnya, tertarik untuk buat, langsung aja buat, kapan lagi kita bisa buat game sendiri, nih ane kasih Paket Projectnya, berisi tentang Projectjadi dan Video Tutorialnya, Selamat belajar semoga dapat bermanfaat y..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar